Kronologi Yahudi, Kristen, dan Islam - dan Reformasi Masa Depan Islam

Tulisan berikut ini menyimpulkan dengan sangat singkat sejarah tiga agama besar dunia di masa lalu dan sekarang, pokok dan perkembangannya, asal usul, masalah dan kelemahan mereka, dan Islam jika hendak dikembangkan menjadi lebih baik di masa depan. Sekaligus tulisan ini adalah inti dari semua isi web ini:

Kalau tidak mau baca panjang lebar, lihat di paling bawah, ada ringkasannya walaupun dalam 4 paragraf, tetapi sudah mencakup ringkasan sejarah 3 agama besar, Yahudi, Kristen dan Islam.

Mari kita lihat kronologi sejarah ini:

SEBELUM ABAD 1 MASEHI 


Jauh sebelum abad pertama Masehi, agama dunia berkembang ribuan tahun dari bentuk-bentuk agama primitif dan mencapai puncaknya di Timur Tengah dengan mencapai agama Yahudi itu. Agama Yahudi adalah agama berbasis tatacara dan hukum agama dan mencakup semua aspek kehidupan, budaya, sosial, ekonomi, dan politik. Agama Yahudi saat itu sangat politis karena menjadi ideologi pemersatu, dan tujuan mereka adalah negara nasional Yahudi dibawah raja dunia seperti raja Daud.

Jadi perkembangan agama Yahudi adalah:
AGAMA PRIMITIF (banyak dewa dewi) ==> AGAMA SATU TUHAN DAN BERBASIS HUKUM AGAMA

ABAD 1-2 MASEHI


Kemudian datanglah Isa Almasih. Beliau berusaha mereformasi agama Yahudi menjadi agama spiritual yang tidak bertujuan dunia tetapi akhirat. Nasionalisme diubah menjadi internasionalisme, dengan menyebarkan ajaran ini ke seluruh dunia dengan cara damai. Isa melarang cara perjuangan kekerasan yang saat itu digunakan melawan para penjajah dan bangsa lain. Isa mengajarkan bahwa Allah yang ia sebut sebagai Bapak itu adalah secara kiasan adalah orangtua semua manusia, dan kita semua adalah bersaudara sesama anak Tuhan yang satu dan sama. Allah itu kasih, pengasih lagi penyayang itu harus terwujud dalam semua ajaran, perilaku dan tatacara beragama. Allah itu Ruh, katanya, yang tidak ada kiblatnya di permukaan bumi karena ada dimana saja kapan saja apapun situasinya di semua galaksi jagad raya. dan Tuhan yang baik demikian itu adalah mahatahu dan maha mendengar, bisa disapa dan diajak komunikasi secara langsung dalam batin kita tidak perlu gembar gembor pakai pengeras suara.

AGAMA ISA adalah AGAMA yg sifatnya PRIBADI dan ROHANIAH, bukan HUKUM AGAMA

Isa tetap mengajarkan satu Tuhan, meskipun dengan ajaran mengenai Roh itu mulai masuk dalam aspek-aspek mengenai Tuhan yang mulai rumit dan tinggi.

Tetapi Isa ditolak oleh bangsa Yahudi. Alasannya, bangsa Yahudi tidak mau meninggalkan hukum agama/syariah mereka tetapi lebih memilih terus memberontak dengan senjata. Akibatnya, tahun 70 Masehi, ramalan Isa tentang Yerusalem menjadi kenyataan. Yahudi dihabisi dan dicerai-beraikan oleh Romawi.

ISA, dengan bukti hidup benar dan hidup setelah mati itu MENETAPKAN STANDAR MASUK SYURGA sebagai tujuan beragama. 

Namun ajaran Isa dibawa para muridnya ke dunia Barat, kerajaan Rum yang menjajah Timur Tengah saat itu.

Mulai abad 2 Masehi, muncullah Kristen. Mereka terus mengamalkan ajaran Isa tentang anti kekerasan, dan spiritualisme. Kemudian ajaran itu bercampur dengan ajaran mistik dan pagan Eropa, memunculkan macam-macam tradisi yang khas sangat Barat.


ABAD 2-4




Ajaran Isa seperti yang ditulis oleh para muridnya itu kemudian bercampur dengan berbagai legenda dan ajaran lokal serta filosofi Laut Tengah dan Eropa. Filosofi Yunani diserap. Bahkan nama Isa dan Yoshua diganti Yesus karena pengaruh bahasa Yunani. Ajaran trinitas dikembangkan mungkin dari masukan berbagai ajaran pagan Romawi. Ajaran dewi kesuburan pagan Eropa itu masuk menjadi ajaran penyembahan Bunda. Natal, Sinterklas dari Eropa. Penebusan dengan penumpahan darah dari Yahudi.

Ajaran Isa mengenai Roh itu menimbulkan banyak penafsiran baru. Ada Rohulqudus. Ada banyak para malaikat. Ada istilah "Anak" Tuhan dan seterusnya. Tuhan yang di alam rohaniyah itu rupanya sangat multidimensional. Manusia hidup di alam jasmaniyah yang sangat terbatas. Tuhan itu jauh lebih luas dan beda dari manusia.  Orang Kristen berdebat habis-habisan tentang status Isa sebagai anak Tuhan atau anak manusia, antara aliran Kristen yang Tauhid (di Mesir) melawan aliran Kristen Gnostik yang mistik dan aliran Trinitas yang dibawa oleh Paulus. Akhirnya demi kesatuan sebagai jalan tengah diperolehlah akidah atau dogma2 Kristen sekarang yang ditetapkan gereja pada abad 4 itu. Ajaran Kristen sekarang jadi banyak berbeda dari ajaran Isa yang semula karena pertentangan doktrin antar aliran ini, yang semuanya punya dasar ayat juga.

Dengan cara percampuran ajaran itu dengan damai Kristen mulai menaklukkan Romawi, dan seluruh Eropa.

AJARAN ISA + + AJARAN PAULUS dkk + AJARAN TIMUR TENGAH + EROPA ==> AJARAN KRISTEN

AJARAN ISA ALMASIH ++ ajaran macam2 dan penafsiran macam2 ==>  KEPUTUSAN GEREJA SEBAGAI JALAN TENGAH ==> AJARAN RESMI KRISTEN SEKARANG

ABAD 7


Abad 7 Masehi di negeri Arab yang masih terkebelakang, agama primitif (jahiliyah) Arab akhirnya dikembangkan oleh Muhammad menjadi agama berbasis syariat, meniru banyak tradisi Yahudi dan beberapa ajaran Isa Almasih. Seluruh platform Islam mirip dengan Yahudi dengan beberapa pengaruh dari Kristen, dan  kebingungan mereka dengan ajaran Kristen (yang sudah jadi ajaran Eropa itu dan pecah belah banyak aliran itu) menyebabkan Islam menolak Kristen. Asalnya Islam di Mekkah adalah agama damai. Problema dimulai karena Muhammad hijrah ke Madinah dan tidak lagi mengajarkan cara damai melainkan kekerasan dan militansi. Dengan cara perjuangan fisik dan perang Islam berkuasa dan berkembang atas Mekkah, Khaybar, dan seterusnya. Sama persis dengan cara perjuangan Yahudi dulu.

Lalu mulailah Islam disebarkan dengan kekerasan, sampai sekarang terus bermasalah dengan hal yang sama, dengan penaklukan dan pendirian kerajaan (tidak kecuali Indonesia dimulai dari kerajaan Samudera Pasai, Pajang dan Demak dan seterusnya), tatacara syariat Yahudi dimodifikasi dan dipakai mencakup semua aspek hidup dan bernegara.

Dari sisi kemajuan yang telah dicapai Isa Almasih, Islam adalah kemunduran pada tahap sebelumnya.   Meskipun memang Muhammad awalnya adalah pengikut Isa dan para orientalis secara ilmiah berpendapat Islam itu sekte Kristen yang membelot dan memasukkan kembali banyak ajaran Yahudi. 

Jadi, Islam itu adalah tahapan dalam kemajuan perkembangan agama, mengikuti jejak yang dialami bangsa Yahudi dulu. Semua tatacara agama, konspsi ketuhanan, kekuatan dan kelemahan Yahudi dulu itu diulangi lagi oleh Islam.  Islam abad 7 itu berada pada taraf yang dicapai  agama  Yahudi sebelum abad 1. Lihat lagi diatas.
AGAMA PRIMITIF (banyak dewa dewi) ==> AGAMA SATU TUHAN DAN BERBASIS HUKUM AGAMA

Baca Analisis secara detil Kesamaan Islam dan Yahudi = sama-sama agama berlandas hukum dan tatacara

MASALAH ISLAM SEKARANG 


Sekarang, timbul banyak masalah karena kegagalan Islam dalam menjadi solusi apalagi menjadi penuntun untuk menjawab masalah-masalah modern. Kelemahan dan masalah Islam itu banyak:
1. Syariah itu ketika diterapkan tidak pernah membuat satu bangsa jadi maju melainkan sebaliknya. Lha wong disebutkan agama sudah disempurnakan lalu mengapa gagal dipakai? Zaman sudah berubah, dan konteksnya tidak sama lagi. Mengapa reformasi Mesir kacau sementara Tunisia (dan Indonesia) cukup lancar? masalahnya karena penerapan syariah. Semua negara yang mau reformasi tapi memasukkan syariah sudah pasti kacau atau mundur. Tunisia dan Indonesia tidak mensyaratkan syariah dalam konstitusi, maka selamatlah negeri2 ini. 
2. Akar masalah dan kelemahan Islam terutama adalah karena tokoh utama yang dianut itu, Muhammad tidak cocok samasekali menjadi panutan manusia beradab. Muhammad melakukan banyak perbuatan baik, tetapi melakukan jauh lebih banyak kejahatan kemanusiaan atas nama agama yang ia sebarkan.
3. Dan yang lebih fatal adalah, Muhammad sebagai panutan agama, sama sekali tidak bisa membuktikan akhirat sebagai janji agama yang ia kabarkan. Dimana ia sekarang?? Dengan demikian, pengikut Islam berada dalam bahaya besar tidak mencapai tujuan hidup, yaitu akhirat. Semua tatacara dan kepercayaan dan keberhasilan Islam itu tidak mampu membuktikan satu saja bukti adanya syurga bagi pengikutnya! Inilah metode tipu menipu dalam agama, upaya manusia maksimal mencari syurga dengan usaha mereka, dan tidak mencapai standar syurga.
4. Masalah diskriminasi perempuan adalah persoalan utama lain dalam Islam. Taliban itu sangat anti persamaan hak perempuan, sebab demikianlah hukum Islam yang asli yang diajarkan Muhammad itu.
5. Masalah kekerasan dan pembunuhan adalah persoalan besar dalam Islam, dimulai oleh Muhammad yang membentuk militia bersenjata padang pasir dan terus diikuti sampai hari ini oleh laskar-laskar dan teroris bom bunuh diri, baik melawan siapapun yang dianggap kafir, atau melawan sesama muslim yang beda aliran, terutama Sunni versus Syiah dan Ahmadiyyah.

Tidak perlu aku sebutkan bukti lain. Terlalu banyak.

Agama harus kembali pada khittahnya yaitu mencari solusi nyata untuk membenahi moral manusia, selamat mencapai akhirat dan Tuhan. Tidak pergi kemana-mana yang bukan wilayahnya: politik, ideologi, ekonomi, sosial, dan sebagainya.

dan problema utamanya, dalam urusan yang satu itu, selamat masuk akhirat atau syurga, Muhammad dan seluruh pengikutnya sama sekali tidak berhasil membuktikannya!!

Sementara satu orang bernama Isa Almasih itu BISA!!

Ajaran Isa yang asli memang ajaran rohaniah, karena memang ditujukan untuk mencari solusi nyata untuk membenahi moral manusia, selamat mencapai akhirat dan Tuhan seperti yang ditunjukkan oleh BUKTI hidup bermoral baik, mati dan bangkit kembali dari mati, dan naik ke surganya Isa. 

Jadi, solusi untuk KEMAJUAN Islam agar benar-benar membawa kemajuan dan solusi penuntun dalam kehidupan manusia adalah mulai menyerap lebih banyak ajaran ISA ALMASIH yang asli dari abad pertama itu, sebelum "dikotori" oleh tradisi dan ajaran Barat atau Eropa di abad 2 yang kemudian menjadi Kristen tersebut di atas. Jadi dalam hal ini, Kristen tidak terlalu relevan. Bahasa kasarnya, tidak perlu murtad masuk Kristen atau meniru macam2 tradisi barat dalam Kristen. Ambil saja intinya, ajaran Isa nya, disesuaikan dengan kondisi dan tradisi penganut Islam sekarang di negeri kita. (Kristen tokh juga dulu terbentuk dengan cara yang sama.)
Namun demikian, ingatlah bahwa Kristen itu mampu bertahan di negara yang maju. Sedikit banyak Kristen sudah memiliki andil menjadi agama bangsa-bangsa maju. Kristen memang tidak bisa menjawab berbagai pertanyaan modern juga, tetapi pengaruhnya pada budaya manusia sudah terbukti. Beda jauh dengan Islam dan negeri kita, bukan?

MENGAPA ISA??


Hidup Isa terbukti bermoral. Mati bermoral ditangan orang Yahudi yang tidak bermoral. Hidup lagi dan naik ke surga sebagai bukti bahwa inilah agama sejati yang wajib ditiru sebagai bukti moral memenuhi janji yang diucapkan bukan omong kosong.

Kalian boleh saja mendengar obral janji para ulama dan pendeta padahal mereka sendiri tidak dan belum terbukti melihat surga. Isa itu bukti bukan janji. 

ISA, dengan bukti hidup benar, benar waktu mati, dan hidup setelah mati itu MENETAPKAN STANDAR MASUK SYURGA sebagai tujuan beragama. Ini fakta wajib pencari kebenaran kalau kalian ingin syurga. 
Isa, siapapun dia, manusia atau tuhan atau yang lain, memberi bukti agama yang ia kabarkan. Tidak penting dia itu berstatus anak tuhan anak manusia atau siapapun! semua itu hanyalah anggapan, tafsiran, pendapat manusia yang sama sekali tidak berhak menetapkan kodrat dan status Isa sebenarnya.  Kalian boleh sebut dia apapun tidak berpengaruh pada fakta dia itu siapa! 
Propaganda dan promosi harus ada buktinya kalau tidak mau dikatakan penipuan dan penyesatan. Biasanya yang palsu itu dipaksakan lebih keras dan lebih licik, didukung hukuman dan propaganda. 

Kita bisa mati dengan cara apapun namun jika hidup sesuai ajaran Isa Almasih sudah pasti melihat syurga. 

Lalu apa bukti lain yang wajib dituntut dari yang namanya AGAMA kalau bukan bukti akhirat itu??


EVOLUSI PERKEMBANGAN AGAMA







REFORMASI ISLAM 


Jika Islam adalah AGAMA PRIMITIF (banyak dewa dewi) ==> AGAMA SATU TUHAN DAN BERBASIS HUKUM AGAMA,
maka reformasinya harus dilanjutkan:
AJARAN ISLAM ++  AJARAN ISA ALMASIH (AGAMA BERBASIS SPIRITUAL)  ==> AGAMA ISLAM MASA DEPAN


Aku bukan pembenci Islam. Agama Islam yang kaku dan keras ini terbukti sudah menyebabkan begitu banyak kejahatan kemanusiaan, dan saatnya sebuah pohon yang berbuah kejahatan akan tunggu waktu ditebang dan dibakar. Namun menurutku Islam adalah satu fase dalam pertumbuhan agama dunia yang harus dilewati bangsa Arab yang baru naik dari jahiliyah waktu itu. Kalau manusia belum menjalani rasanya hukum agama manusia tidak akan belajar mudharatnya seperti apa untuk kemanusiaan. Kalian yang masih belajar dan membantah ini silahkan menjalani dan merasakan belenggu dari tatacara yang tidak ada hentinya dan hukum syariat agama yang keras menindas itu. Dulu Islam ada masanya dianggap sempurna ketika mengangkat manusia dari jahiliyah. Zaman berubah. Manusia tambah maju. Sekarang semua kelemahan Islam terpapar jelas, dengan semua bukti pelaksanaannya, tidak bisa dibantah, dan terpaksa sekarang harus mencari solusi baru kedepan.

Inilah satu-satunya solusi itu: Isa Almasih.

Aku sedang  melacak kembali ajaran Isa yang asli dalam blog terpisah. pelan-pelan tapi semakin banyak.

Di blog ini juga banyak aku cantumkan ajaran Isa yang aku analisis dari sumber-sumber pertamanya. Salah satu sumber pertama adalah kisah yang ditulis para murid Isa, kemudian juga hadis dari Islam, dan berbagai tradisi dan buku lain sebagai tambahan referensi.


RINGKASAN

Tahap 0. Agama dimulai dari tahap jahiliyah dimana orang percaya hanya pada hoki, takhayul dan sihir, dan banyak dewa dan ilah yang berbasis pada fenomena alam, hewan, dan tokoh manusia. Ini adalah kita sebut Tahap 0.

1. Tahap agama-hukum. Agama kitab suci, syariat dan tatacara. Yahudi berkembang dari jahiliyah menjadi agama berbasis hukum atau syariat di abad pertama. Agama Yahudi ini didefinisikan oleh Nabi Musa, dan dikembangkan lebih lanjut oleh banyak nabi setelahnya. Agama ini didominasi imamat lelaki, mendiskriminasi perempuan, dan bertujuan negara politik wilayah dunia. Mesias atau pemimpin mereka adalah seperti raja Daud. Tetapi hingga abad 1 M ternyata Yahudi dijajah berbagai bangsa, termasuk akhirnya bangsa Rum atau Romawi. Agama hukum akhirnya mengalami begitu banyak kekurangan, terutama hak asasi manusia, dan kekerasan. Ujungnya bahkan hingga kemunduran, kemusnahan atau bunuh diri bangsa.

2. Tahap agama-rohaniyah. Isa Almasih datang untuk menaikkan agama Yahudi itu menjadi agama rohaniyah, agama spiritual-marifat, agama yang cinta damai bertujuan akhirat yang rohaniyah. Usaha itu setengah gagal karena bangsa Yahudi menolak. Yahudi tetap memilih agama syariat yang memberontak untuk tujuan kerajaan dunia. Akhirnya negara Yahudi lama dimusnahkan tentara Rum pada tahun 70 masehi. Ajaran Isa dibawa ke barat menjadi bercampur dengan budaya pagan barat di laut tengah dan belakangan disebar ke seluruh dunia sebagai agama Kristen.

3. Arab masih berstatus jahiliyah sampai abad 7. Muhammad datang sebagai pengikut Isa di Mekkah, dan berusaha mengangkat agama bangsanya yang menyembah banyak berhala, tetapi karena ditolak sukunya dan ditolak gereja Kristen (yang mengajarkan trinitas yang tidak masuk akal orang2 arab jahiliyah yang sederhana itu), Muhammad pindah ke Madinah mengganti cara perjuangannya, mengusir nasrani dan yahudi, membuat agama baru yang meniru Yahudi abad pertama di poin pertama di atas. Dengan pasukan bersenjata Islam sukses menduduki wilayah2 yang dulunya kristen. Sistem agama Islam itu nyaris sama dengan Yahudi lengkap dengan kelemahannya: sistem hukum syariah dan jihad kekerasan untuk penyebaran agama dan dominasi lelaki dan diskriminasi perempuan. Jadi dari sisi ini, Islam adalah kemajuan dari tahap jahiliyah, tetapi juga kemunduran agama kembali pada tahap sebelumnya (tahap 1 lihat diatas). Islam adalah tahap satu setengah.  Kalau Islam terus berusaha berjihad dengan senjata dan memaksa orang masuk agamanya, suatu hari akan mengalami nasib sama dengan negara yahudi, akan dimusnahkan oleh tentara dan oleh kemajuan rohaniyah manusia.

Jadi, Islam tidak boleh mundur ke tahap syariat lagi! Harus naik ke tahap spiritual atau marifat. Lalu bagaimana caranya??

4, Reformasi Islam adalah tidak boleh kembali pada Islam di Madinah (agama syariat dan politik), tetapi Islam yang semula lebih awal di Mekkah (agama rohaniyah dan moral). Kembali pada keimanan Muhammad yang asli sebagai pengikut Isa Almasih. (Klik link itu, aku sudah cantumkan semua bukti). Jangan ke jihad dan syariat, tetapi ke rohaniyah dan moral. Ajaran Isa Almasih adalah jawaban pada Islam sekarang.


Kembali pada Titik Awal Penyimpangan: Kembali pada Keimanan Muhammad yang Asli dan Semula adalah Solusi untuk Islam







16 komentar:

Anonim mengatakan...

Agama islam itu spiritual banget, syariat diperlukan untuk fondasi keimanan, setelah kuat baru kelevel berkutnya terus naik sampai ke marifat.nabi isa itu marifatullah, nabi muhammad menyempurnakan sebagai nabi penutup dia meluruskan ajaran misi nabi adam sampai nabi isa utk mengakui the supreme Allah yg tidak beranak dan diperanakkan

Bogi Hindrajid Satriowilogo mengatakan...

Pendapat saya untuk penulis blog ini......kamu tidak usah capek2 menulis uraian begini panjang lebar tidak punya arah yang jelas, tidak punya dasar berpikir yang jelas, tidak ada referensi secuilpun......selain karangan dan imajinasi otak mu yang logikanya bengkok dan berusaha untuk kelihatan berbahasa ilmiah.......! Tidak ada gunanya apa2.....sia-sia! Tidak punya manfa'at.......! Penilaian saya atas penulis.....siapapun kamu! Mau atheis atau kristener, kamu ini cuma manusia dengan otak kelas kecoak yang berusaha berotak udang.......jadi tulisan mu ini cuma jadi sampah blog saja......tidak ada mutu sedikitpun......! Boro2 tulisan ilmiah......! Belajar dulu yang benar! Jangan menulis dengan cara ngawur membabi buta! Kalau menurut saya kamu itu kristener toh? Sekali lagi saya bilang......kamu nggak mutu sama sekali.......!!!

Anonim mengatakan...

Hmm... Bner jg klo d pkir"... Ajaran Isa mmg yg plg bnr ... Dan itu terdpt bukti" yg nyata dan msuk akal

wondo mengatakan...

Yuk pada sepakat, yang mati duluan tolong dong tulis komen disini

Anonim mengatakan...

Tulisan samaph,. Tidak bermutu,. Mending ke laot aja,. Biar berak sekalian,.

Lo Sunanto mengatakan...

Kebenaran hanya di sisiNya,sudah jangan pada ribut,memangnya sudah menjadi maha mengetahui.

andri suwarso mengatakan...

Pemerhati dunia, hanya memerhatikan kebencianya, tidak ada yg baik/bagus selain diri nya, itulah yg di dalam pikirannya, ini memang hak mutlak manusia untuk berfikir, tp pemdun walaupun bertahun2 menganalisa mencari cari, mempelajari apapun yg dia pikirkan untuk menggali semua itu hanya lurus fokus apa yg pemdun pikirkan saja, jangan terlalu mencari kebenaran nanti bisa gila. Cukup lihat lah hal yg paling kecil sampai yg paling besar, lihatlah dan ketahuilah mkhluk/benda yg paling kecil kasat mata yg ada di bumi seperti quarks,atom,planet galaksi miliaran galaksi dan ruang angkasa yg terus mengembang itulah kebenaranmutlak, kita hanya manusia yg hidup di bumi, yg bumi hanya seperti sebutir pasir di luas nya pasir pantai di terjang ombak lautan, jd jangan harap akal/pikiran mu bisa terbang jauh sampai ke ujung dunia, rendah lah diri mu di hadapan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan selain Allah, org terpintar di dunia pun tidak akan sampai mencari energi Yang Maha Kuasa, bahkan para pencipta dan penemu di dunia banyak belajar dari kitab Al-quran, sesunggunya semua yang ada di dunia akan kembali kepada Allah, wasalam

Alfhin Rhomadon mengatakan...

Anda bisa bisanya ngomongin Rasulullah SAW kaya gitu.....

Unknown mengatakan...

"menyerap lebih banyak ajaran ISA ALMASIH yang asli dari abad pertama itu, sebelum "dikotori" oleh tradisi dan ajaran Barat atau Eropa di abad 2 yang kemudian menjadi Kristen tersebut di atas. Jadi dalam hal ini, Kristen tidak terlalu relevan. Bahasa kasarnya, tidak perlu murtad masuk Kristen atau meniru macam2 tradisi barat dalam Kristen." Saya terkesan sekali dengan kalimat tsb. Bahkan kalau boleh radikal, ke kristenan saat ini bukan hanya tidak relevan, tapi sudah murtad. Sudah tidak sama lagi dengan apa yg di ajarkan Isa. Mantab bro...

Benny Yahyadi mengatakan...

"menyerap lebih banyak ajaran ISA ALMASIH yang asli dari abad pertama itu, sebelum "dikotori" oleh tradisi dan ajaran Barat atau Eropa di abad 2 yang kemudian menjadi Kristen tersebut di atas. Jadi dalam hal ini, Kristen tidak terlalu relevan. Bahasa kasarnya, tidak perlu murtad masuk Kristen atau meniru macam2 tradisi barat dalam Kristen." Saya terkesan sekali dengan kalimat tsb. Bahkan kalau boleh radikal, ke kristenan saat ini bukan hanya tidak relevan, tapi sudah murtad. Sudah tidak sama lagi dengan apa yg di ajarkan Isa. Mantab bro...

njlajahweb mengatakan...

SEKILAS INFO Yesus Kristus menebus dari dosa kutuk hukum taurat (Gal 3:13), bagi semua manusia didunia (I Yoh 2:2), baik terhadap Kristen juga terhadap non Kristen (walaupun non Kristen tidak berpindah agama ke agama Kristen)

>>> Namun Yesus Kristus tidak menebus dosa perbuatan manusia dalam seumur hidup mereka baik terhadap Kristen maupun non Kristen.

>>> Mat 13:40 Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. 13:41 Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya. 13:42 Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

NB 1: Penebusan Yesus Kristus telah disediakan bagi seluruh manusia didunia bagi Kristen dan non Kristen, tapi belum diberikan.

>>> Namun hanya diberikan,

ketika mereka ( Kristen & non Kristen ),
bisa mempertanggungjawabkan perbuatan mereka, pada Hari Penghakiman nanti, yaitu ketika timbangan kebaikan mereka ( dalam total seumur hidup mereka ) lebih berat timbanganya dari pada timbangan total dosa / keburukan mereka dalam seumur hidup mereka, dihadapan Tuhan.

>>> Maka pada saat itulah Yesus Kristus menghapus total timbangan dosa / keburukan mereka yang lebih ringan timbanganya, sehingga mereka bisa langsung masuk surga, tanpa harus mencicipi siksa neraka dulu. Pada saat inilah Kuasa Penebusan Yesus Kristus difungsikan, jika hati non Kristen percaya bahwa Yesus Kristus mampu menebus /menghapus kutuk hukum taurat.

>>> Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

>>> Wahyu 2:18-23 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu. Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

njlajahweb mengatakan...

SEKILAS INFO Renungan bagi semua umat silahkan kunjungi link dibawah ini dan klik pada komentarnya >>>

https://njlajahweb.blogspot.co.id/2015/02/pertama-tama-saya-mohon-maaf-yang.html#comment-form

Kuasa Tuhan Yesus bisa memakai lagu rohani Kristen bisa mengisi kekosongan hati anda
>>> http://www.laskarislam.com/t10322-lagu-rohani-kristen-bisa-mengisi-kekosongan-hati?highlight=kekosongan

ajal itu tak pandang bulu, apakah orang kesayangan atau tidak, apakah dalam kandungan atau tidak, apakah masih kecil atau besar, apakah masih muda atau tua, apakah masih sehat atau tidak, ajal bisa menjemput kapan saja, bisa hari ini, hari esok, bisa tanpa diduga,tanpa permisi

>>> Sekilas info *kutipan dari >>> http://www.laskarislam.com/t10479-sekilas-infoku#200358

(Sekilas Info 120)
iman yang suci adalah ketika hati kita tetap percaya bahwa Tuhan tidak pernah sedetikpun berniat jahat, sekalipun Dia sedang menghantam kita, saat kita sedang salah atau benar.

dan

iman yang paling suci adalah ketika hati kita tetap percaya bahwa "tidak mungkin Tuhan berniat jahat, sedetikpun tidak", sekalipun DIA mendatangkan badai hidup yang terburuk dalam hidup kita, walaupun kita dalam posisi yang benar.

(inilah iman rajawali, yang tidak akan pernah bisa dihancurkan oleh iblis.)

hanya iman jenis ini, yang paling ditakuti oleh iblis.

njlajahweb mengatakan...

SEKILAS INFO Saat kapanpun Keilahian Yesus Kristus juga Roh Kudus bisa disebut Allah, ( hanya jika berdasarkan Kualitas Keilahian )
>>> Demikian juga saat kapanpun Yesus juga Roh Kudus bisa disebut Utusan, ( hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal Kualitas Keilahian. )
>>> 14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
---
>>> 16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
>>> (Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada Kualitas Allah yang terkandung dalam Keilahian Yesus)
>>> 5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
---
>>> 13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
---
Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
---
3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

njlajahweb mengatakan...

28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
---
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
***
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
---
8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
---
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
---
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
---
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
---
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

njlajahweb mengatakan...

Yes 3:18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! -- dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu. Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Ams 24:17 Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok, 24:18 supaya TUHAN tidak melihatnya dan menganggapnya jahat, lalu memalingkan murkanya dari pada orang itu. Mat 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. Mat 25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. 25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; 25:43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. 25:44 Lalu mereka pun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. 25:46 Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal." Mat 6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."Bil 14:18 TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat. Yes 40:2 tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosanya. Ayb 13:26 Sebab Engkau menulis hal-hal yang pahit terhadap aku dan menghukum aku karena kesalahan pada masa mudaku;

njlajahweb mengatakan...

SEKILAS INFO Qs 40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan, Qs 40:74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. Qs 40:75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). Qs 40:76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".

Qs 13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

Qs 9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

Qs 5:9 (5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Qs 5:3 (5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Qs 10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

Qs 2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Qs 23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

Mat 13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, 13:50 lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.