Siapa Isa Almasih (3) : Isa itu Tuhan atau Manusia?


Isa adalah misteri yang belum terpecahkan sampai hari ini. Mengenai dirinya sendiri, Isa Almasih tidak mengumumkan dirinya adalah Tuhan. Ia mengaku sebagai Anak Manusia. Tetapi perhatikan ini: ketika muridnya menyebut dia sebagai Mesiah, Anak Tuhan, bahkan Tuhan sendiri, Isa tidak menolaknya. Isa menerimanya! (dalam Al-Qur'an memang Isa disebutkan menolak, tetapi dalam tulisan murid Isa sendiri, Isa menerimanya). Bahkan Isa mengatakan bahwa pengakuan murid itu oleh karena Tuhan yang menyatakannya, bukan karena anggapan asli para murid itu sendiri. Dari perbuatan Isa yang menghidupkan orang mati, hidup dari kematian, naik ke surga, memberi nyawa burung dan menyembuhkan segala penyakit, Isa itu melampaui batas kewajaran manusia sehingga para muridnya yang kritis mengakuinya. Ingat bahwa Isa tidak menerapkan politik paksa memaksa dan menyeragamkan pendapat. Mereka bisa ikut atau mundur tanpa sanksi. Murid Isa itu berbeda-beda pandangannya, dan itu dibiarkan tetapi dibina oleh Isa. Beda dengan pemimpin agama lain yang mewajibkan pengikutnya ikut dengan sanksi dibunuh kalau murtad. Namun orang biasa akan mempertanyakan, mungkinkah manusia yang bisa mati merupakan penjelmaan Tuhan? Katanya "Tuhan" kok mati dengan cara hina seperti itu? Mengapa Isa sendiri mengakui ia hanya Utusan dan Bapa lebih besar dari dia?

Jadi di sinilah misterinya. Gereja Kristen selama 4 abad pertama bertengkar mengenai Isa: apakah Ia Tuhan, atau manusia biasa? Sampai hari ini manusia terus bertengkar mengenai siapa Isa, Anak Tuhan atau Anak Manusia, atau yang lain? Kalau kita lihat sejarah gereja, pusing dengan berbagai formulasinya, dan semua ada dasar ayatnya. Jangan kita mengira kita sudah memecahkan rahasia siapa itu Isa. Paling itu hanya pendapat kita. Itu opini kita. Dan itu bukan barang baru. Gereja kristen pengikut Isa sendiri selama 4 abad, bahkan sampai sekarang, pecah belah karena perbedaan pandangan siapa Isa itu.
Semua aliran Kristen tanpa kecuali mengatakan bahwa Isa memang bukan sekedar manusia biasa. tetapi mengenai tabiat dan posisinya, mereka berbeda-beda pendapat. Arius sang uskup agung Alexandria Mesir mengatakan Isa itu Anak, lebih rendah di bawah Bapa. Beberapa gereja mengatakan Isa itu Tuhan sepenuhnya dan sejajar dengan Bapa. Tidak ada kesepakatan. Akibatnya setelah beratus-ratus tahun berdebat, tercapailah konsensus keputusan bersama di konsili Chalcedon dan Nicaea tentang dogma kristen yang dipakai hingga sekarang. Jadi ajaran tentang siapa itu Kristus itu adalah hasil konsensus dan keputusan gereja, jalan tengah, meskipun belum tentu benar-benar sesungguhnya pengakuan Isa sendiri. Jadi Isa itu tetap misteri sampai hari ini. Isa sendiri belum mengklarifikasi. Orang Islam tidak usah sok pintar mengatakan Isa adalah ini atau itu. Aku menjumpai banyak ulama Islam dan pendeta Kristen sok tahu dan sok pintar mengenai Isa. Contoh lain adalah literatur Islam tentang Isa, bagaimana bisa dibilang sahih, sedangkan penulisnya sama sekali belum pernah bertemu Isa muka dengan muka, karena Isa hidup 700 tahun sebelumnya, dan di tanah yang yang 1000 kilometer dari lokasi kejadian. Sejarawan  mana yang percaya pendapat macam demikian? Apalagi diwajibkan untuk dipercaya banyak orang?

Kalau Isa hanya manusia biasa saja, mengapa Isa digelari gelar-gelar supranatural dalam Islam dan Kristen? Mengapa dalam Islam ia diangkat hidup-hidup, dan dalam Kristen ia bangkit dari kematian? Mengapa banyak orang melihatnya dalam pengalaman pergi ke akhirat? Mengapa banyak orang melihatnya dalam penampakan? Mengapa ia bisa memberi nyawa burung dan menyuruh orang sudah mati 4 hari hidup lagi?
Tetapi kalau ia Tuhan, mengapa ada cerita ia jadi manusia, haus lapar, dan dianiaya dan mati seperti layaknya manusia? Masa Tuhan bisa mati?



Coba lihat ringkasan ini. Gereja Kristen bukan satu-satunya yang berbeda pandangan tentang Isa:
  • Kristen mayoritas berpendapat bahwa Yesus adalah Tuhan. Isa adalah Tuhan 100% manusia 100%.
  • Yahudi dan Islam menganggap Yesus adalah manusia biasa. Lihat juga Jesus dalam Quran http://postglory.blogspot.com/p/jesus-dalam-quran.html  lalu katakan dengan jujur, menurut Allah yang perkataannya ada di situ, Isa itu manusia biasa atau bukan?
  • Beberapa aliran Kristen mengatakan Yesus adalah setengah Tuhan setengah manusia,
  • Hindu setelah memahami kisah hidup Isa mengatakan, Kristus adalah mirip seperti Krishna, yang adalah Avatar Vishnu, yaitu Tuhan menjelma atau berinkarnasi menjadi manusia, atau Isa adalah Tuhan --> manusia.
  • Buddhis dalam web-web mereka mengatakan, Yesus adalah Boddhisatva, manusia yang telah mencapai kesempurnaan, pencerahan dan keilahian, namun masih tinggal sementara atau berkunjung ke Bumi, untuk menolong sesama manusia yang lain. Menurut ajaran Buddha, Isa adalah manusia --> Tuhan,
  • The Urantia Book menyebut Yesus adalah God-man, Tuhan sekaligus manusia, atau Isa adalah Tuhan + manusia !
Semua anggapan, dan semua mengaku dari bukti, tetapi jelas semua hanyalah pendapat, opini, anggapan pribadi masing-masing.

Sulit bukan misteri siapa Isa ini?

Sebab itulah aku menghindari debat siapa itu Isa. Daripada kita berbusa-busa nanti keliru, merasa kita pintar dan sok tahu, padahal yang bersangkutan sendiri belum klarifikasi apapun, Dia yang Hidup itu belum klarifikasi siapa Dia, jadi lebih baik tidak usah berdebat siapa itu Isa atau Yesus, apalagi mengatakan yang bukan-bukan.

Isa tidak pernah terbukti bersalah. Pengadilan Gubernur Pilatus Romawi tidak menemukan kesalahannya. Islam mengatakan Isa tidak berdosa. Setan sekalipun mengakuinya. Pengadilan agama Yahudi tidak menemukan salahnya, kecuali bahwa Isa mengaku satu dengan Allah, menyamakan atau menyekutukan diri dengan Allah. Ini masalah pengakuan pribadi, yang tidak ada manusia manapun yang bisa membuktikannya, sebab tidak ada ulama atau siapapun pernah pergi bertemu Allah atau pergi ke akhirat melihat siapa Isa di sana. Pengalaman orang yang nyaris mati mengatakan bahwa Isa adalah Yang Terkemuka di sana.  Tetapi kalau saja Isa hidup lagi hari ini, maka oleh pengadilan syariah ia pasti sudah dijatuhi hukum rajam, karena kesalahan yang sama: syirik, menyekutukan diri dengan Allah, mengaku berasal dari Allah, mengaku bahwa dirinya dan Allah adalah satu, mengaku dirinya adalah Anak Allah, mengajari orang berdoa menyebut Allah adalah Bapak. Fatwa majlis ulama sudah pasti hukum mati, rumahnya diserbu massa, dan darahnya dihalalkan dengan cara apapun (dan pembunuhnya akan diberi hadiah). 

Ini beda halnya jika kita mengatakan si A itu pembunuh atau perampok, karena positif terbukti membunuh dan merampok sampai ada surah ayat mengenai pembagian jarahannya. Ini kriminal, pelanggaran hak asasi manusia, bukan lagi pengakuan diri atau pernyataan tulus apa adanya, tetapi memang sebuah kejahatan.

Siapa itu Isa kalau demikian?

Dan kebijaksanaan bertahun-tahun aku mempelajari dunia mengatakan bahwa, kebenaran itu sering adalah total dari semua yang dipercayai manusia. Dan sering kebenaran itu suatu paradoks yang luar biasa. Mengapa suatu foto atau lukisan itu indah? karena ada kontras-kontras tetapi harmoni menurut sebuah pola. Kalau sebuah lukisan, maka lukisan kebenaran itu sering memuat di dalamnya ekstrim-ekstrim dan perbedaan yang dirangkai menjadi satu utuh harmonis. Sementara ini kita baru melihat bagian per bagian saja, dan nampaknya begitu kontras dan paradoks bertentangan satu sama lain.

Ibarat kita sekelompok orang buta memegang seekor gajah, yang satu menganggapnya seperti pohon karena memegang kakinya, ular karena memegang ekornya, papan karena memegang telinganya, dan tembok karena memegang perutnya. Kita bertengkar satu sama dengan bukti masing-masing. Padahal memang gajah itu keseluruhannya, bahkan lebih lagi. Ini sama dengan pemahaman agama kita, yang satu persatu berbeda, dari sudut pandang yang terbatas, padahal obyeknya adalah total semuanya, bahkan lebih.

Kebenaran mengenai Isa bisa saja adalah jumlah total semua yang dipercayai manusia. Ia mungkin sebuah paradoks. Harmoni diatas keindahan. Ia bisa jadi sekaligus adalah Tuhan, manusia biasa, setengah manusia, Tuhan jadi manusia, manusia jadi Tuhan, dan Tuhan + manusia ... atau bahkan lebih lagi ...

(Sumber referensi lebih lanjut bagi siapa yang tertarik atau ingin memperpanjang debat 2000 tahun yang tidak bisa diselesaikan oleh akal manusia itu, coba lihat lebih lanjut dalam artikel pertama dalam seri Siapa Isa Almasih,
SIAPA ISA ALMASIH MENURUT BERBAGAI SUMBER
Buku download gratis.
copyright widitruth@gmail.com
Dengan seijin penulis.
https://docs.google.com/open?id=0BxUS9vxxossEWkEzUTg1V3pfc1U) 


20 komentar:

Anonim mengatakan...

siapa itu jesus/isa/yesus/...???
isa tentu saja memiliki hubungan yang ereat dengan muhammad...!
masa???
liat aja disini:

http://sebuah-konspirasi.blogspot.com/2012/07/konspirasi.html

selamat berbingung ria....

Anonim mengatakan...

Lo yg sok tau,buat argumen ngasal.semua arguman lo tu lemah tau nggak? =D•ђåª•ђåª•ђåª•ђåª•=D.
Sekarang lo gue kasih pertanyaan,kalo lo jawab berarti lo sotoy.Tp klo lo nggak jawab berarti lo tolol.
Siapa yang menciptakan tuhan? Wayo SOTOY lo!

Anonim mengatakan...

Kau ngomongin agama orang,macem tau kali kau tentang agama kami.
Kaubeneri dulu dirimu nggak usah sok suci.
Karna sok sucilah makanya kalian berani merubah ayat-ayat kitab kelen sendiri.
Yang kelen ikutilah orang israel yang membangkang kepada ajaran Allah dan Rasul-rasul yang diutuskan Allah kepada mereka,karna tak sesuai dengan nafsu mereka.

Anonim mengatakan...

Yang ambigu ya agama yang isi kitabnya selalu diganti-ganti sesuai selera rahib-rahib mereka,dengan dalih penyesuaian dengan zaman yang sedang berjalan.
Padahal kalau memang benar tak perlu dirubah tapi biarlah zaman yang menguji kebenaran kitab tersebut.
Bentar lagi nasib kitabnya mirip UUD 1945 kali ya? Ujung-ujungnya duit,wah gaswat..............

Anonim mengatakan...

Pesan dibawah kolom komentar adalah cerminan bloger yg memosting blog ini.Trimakasih!

(Valentinus sinaga)

Anonim mengatakan...

Contoh lain adalah literatur Islam tentang Isa,
bagaimana bisa dibilang sahih, sedangkan
penulisnya sama sekali belum pernah bertemu
Isa muka dengan muka, karena Isa hidup 700
tahun sebelumnya, dan di tanah yang yang
1000 kilometer dari lokasi kejadian. Sejarawan
mana yang percaya pendapat macam demikian?
Apalagi diwajibkan untuk dipercaya banyak
orang?

Itulah contoh disiplin ilmu yang tidak netral dan diskriminatif!!!dari sini kita bisa pelajari watak,karakter dan kejiwaan penulis!!!

Kenapa demikian???pengarang alqur'an bukan nabi muhamad!!!tapi diturunkan oleh allaah(bapa) sendiri!!!anda mengatakan tidak sehih karena masalah waktu dan jarak!!!
Memang nya siapa yang menciptakan adam kalau bukan allaah!!!(Berarti allaah itu sudah ada sebelum adam ada apa lagi isa!!!anda mempermasalah kan jarak???apalah arti nya sebuah jarak bagi zat yang menciptakan alam semesta galaksi dan seluruh isi nya???

Jadi anda mengatakan informasi allaah tidak sahih???pengambilan contoh anda sungguh luarbiasa ;)

Anonim mengatakan...

Buat penulis atau siapa pun pembenci islam yang masuk kesini!!!!saya mau bertanya,,dan saya mohon di jawab,

Siapa yang menciptakan adam??(Isa atau allaah bapa)
Siapa yang menciptakan bumi,langit,alam semesta beserta isis nya??(Isa atau alaah bapa)
Siapa kah yang membuat bunda maria memiliki bayi tanpa hubungan biologis?(Allaah bapa atau isa)
Siapa kah tuhan isa(yang di sembah isa)(allaah bapa atau isa)

Jika benar isa penyelamat manusia!!jadi mahluk selain manusia siapa yang menyelamat kan nya???(Seperti malaikat binatang dan lain lain)

-Jadi siapa kah yang maha kuasa???(Allaah bapa atau isa)

-jadi apa kah itu roh kudus???apa yang di ciptakan nya??

Setelah anda jawab pertanyaan di atas tolong jawab satu lagi!!!
-Apakah itu tuhan???

Anonim mengatakan...

hehehehe.... elo sendiri gmn bro....?
nabi elo pergi kemana2 cari tau isi kitab orang lalu dia bersabda hahahaha isinya cuma pelintiran taurat. sayangnya nabi lo kagak tau tentang ada yang sudah berubah setelah digenapi kristus. lo tanya puasa dari mana, trus lo tanya babi haram dari mana....? itu adalah taurat dan injil. kwkwkwkwkw dasar tukang jiplak. pelajari lebih dalam agamau setelah itu lo baru tau dan murtat kwkwkwkkwkwkw

Anonim mengatakan...

memeangnya qoran lo ditulis oleh alloh apa....? ckckckckckckckckckc dibegoin ama kiay aja lo bangga... coba artikan isi kitab lo dan pahami. yang diatur bukan urusan ahirat tapi urusan dunia. hihihihihihih

Anonim mengatakan...

Namanya juga Tuhan, Maha segalanya. Kalo Dia mau turun ke dunia sbg Yesus, emang kenapa? Ngak ada yang gak mungkin buat Tuhan kan.salam

Glory mengatakan...

Tuhan itu tidak bisa diartikan oleh pikiran anda, saya, dan org yg nulis blog ini..

Glory mengatakan...

informasi dari Allah memang tidak sahih..

saya ga bsa membuktikannya.

Sahih pun..

saya tidak bisa membuktikannya.

krn kurangnya saksi

Mencari Kebenaran mengatakan...

Terima kasih dgn adanya Blog ini, menjadikan kita saling berbagi tentang kebenaran ISA ALMASIH/YESUS KRISTUS. Sy ingin menambahkan pengetahuan tentang ISA ALMASIH/YESUS KRISTUS adalah Tuhan. Knp sy berani katakan Tuhan...?? Karena sy sendiri sebagai saksi ISA/Yesus & sy berani mengatakan yg sesungguhnya, karena ISA/Yesus sdh pernah membuktikannya kepada sy sendiri. ISA/Yesus adalah Allah sendiri yg menjelma menjadi manusia, utk menebus semua kesalahan2 & dosa2 manusia seperti sy & anda. Saudara2ku, jgnlah anda ragu2 kepada ISA/Yesus, karena Dia telah mengasihi anda & percayalah sepenuhnya kepadaNYA. Sy berani jamin, ISA/Yesus akan datang kepada anda, apabila anda bersungguh2 berseru kepadaNYA mencari jalan kebenaran & percaya kepadaNYA. Salam Damai sejahtera

Anonim mengatakan...

yang di katakan kitab suci isinya adalah saling menguatkan ayat satu sama yg lainnya...bukan saling bertentangan ayat satu sama yg lainnya...coba baca satu persatu ayat ayat kedua kitab suci alquran dan kitab suci injil...mana yg benar??ibarat kita beli buah buahan mana yg di pilih..buah luarnya bagus tp dalam nya busuk atau buah yg luar dalam bagus ....

angel mengatakan...

As salam semua.
Tiada yang salah dan tiada yang sesat. Ilmu Tuhan itu Maha Luas, Usah di perdebatkan jika tidak bisa menyingkap kebenaran ghaib,

Renungkan perjalanan ghaib mimpi Ibunda bertemu Rasulullah, Isa Al Maseh dan Bonda Maryam. Inilah yang paling benar kesaksian.

http://www.mimpiku.net/category/nabi_rasul/
www.mimpiku.net

Anonim mengatakan...

Aduh yg nulis blog ja kaya pernah tatap muka ma isa.. Ckckck ngmg koq ngasal bro... Kalo Isa tu Tuhan maria cp? Ibu Tuhan?

Anonim mengatakan...

ingt bro..nabi isa dilahirkan bkn hasil hubungn sex..melainkan tiupan dr Allah

mahmud wahyudi mengatakan...

Mencerahkan...

Saran saya klo mmg anda adlh pengikut isa maka anda jg jgn men generalisasi pengikut muhammad sbgi islam..sy adlh pengikut muhammad
Semua agama itu baik..yg bikin g baik itu institusi agama.

'tdklah ak diutus ke bumi kecuali untk memperbaiki/ menyempurnakan akhlak/attitude manusia.' Muhammad as.

Shalom saudaraku...

Anonim mengatakan...

Mudah saja kalau nak tahu siapa Isa/Yesus tu. Tanya terus kepadaNya melalui doa anda... mudahkan?

Anonim mengatakan...

Tuhan cma 1,tdk beranak jd diberanakan, bukti Alloh Tuhan diadakannya nabi Adam tanpa ayah dan ibu,dalam keadaan suci. Sama seperti nabi Isa,hanya saja dia memiliki ibu,kenapa ga sembah Adam aja yg ga pny bpa ibu buat umat kristen?seperti isa anak suci yg dianggap anak tanpa bapa? Kenapa nabi Adam ga kalian sembah skalian? Apalg dia ga pnya IBU BAPA?