Ajaran Isa Almasih (7): Konsepsi Ketuhanan Menurut Isa Almasih

Tuhan menurut Isa adalah sebagai berikut:

1. Hadirat Ilahi yang ada dalam semua, Roh yang menyelimuti alam semesta 
2. Bapak manusia dan alam semesta yang tinggal di Surga
3. Teman hidup yang tinggal di dalam Batin kita

Ketiganya didasarkan pada fakta yang dialami manusia, bukan sekedar teori, serta alasan berikut ini:



1. Tuhan ada dimana-mana, wujudnya adalah energi hidup atau roh. Roh yang ada dimana-mana dan kapan saja mengatasi ruang dan waktu. Ia adalah pusat dari semua roh. Hanya ada tiga bentuk atau wujud di alam semesta ini: fisik materi, batin dan roh. Belum pernah dikenal bentuk lain. Ketiganya ada dalam satu spektrum. Bentuk fisik dikenal sebagai unsur atau zat. Bentuk batin adalah wujud gaib seperti hantu. Bentuk ruh adalah seperti malaikat. Tuhan itu sendiri.adalah di pusat dan sumber segala sesuatu, di inti semua energi raksasa alam semesta, energi hidup, sebagai wujud Ruh. Hanya wujud ruh atau energi hidup, bukan zat,  yang bisa bertahan dalam manajemen energi yang super dahsyat di kosmos ini. 


2. Sifat Tuhan itu baik, pengasih dan penyayang, dan Ia memerintah atas semua ciptaanNya dengan memakai istilah yang diajarkan Isa sebagai Bapak manusia dan alam semesta. Sebutan itu menunjukkan sifat Tuhan, kedekatanNya dengan manusia, dan caranya memerintah keluarga alam semesta ini. Sebutan itu juga mengandung arti manusia adalah anak-anak Tuhan dan cita-cita tertinggi manusia adalah agar menjadi sempurna seperti Tuhan di surga itu sempurna.

3.  Tuhan itu menaruh RohNya dalam batin kita, menjadi penuntun dan pembimbing illahi, sebagai Roh Penuntun illahi. Manusia itu rumah kediaman Tuhan. Bait Allah atau Baitullah itu bukan lokasi fisik tetapi dalam batin setiap manusia.  Dengan demikian Tuhan juga menjadi teman hidup manusia, sahabat dan pendamping, penuntun dan guru dalam setiap keadaan.

Konsepsi manusia tentang Tuhan itu berbeda-beda tergantung intelektual dan peradaban. Konsep lama sering harus diganti lebih baik. Jadi ajaran agama tentang Tuhan itu berubah atau ber-evolusi. Ajaran yang lama diganti ajaran yang baru. Tuhan itu tidak pernah berubah. Penafsiran dan pemikiran manusia tentang Tuhan itu yang berubah. 

Menurutku, setelah mempelajari berbagai konsep agama tentang Tuhan, konsepsi Isa mengenai Tuhan ini adalah yang terbaik dan universal. Pembuktiannya adalah melalui pengalaman rohani pribadi masing-masing, Melalui pengalaman pribadi itu kita mengetahui Tuhan itu ada dimanapun dan setiap saat, Tuhan itu baik serta mengabulkan permohonan kita, dan Tuhan itu sahabat kita dalam suka duka hidup ini Ia membimbing kita.

10 komentar:

Manunggaling Kawulo Rasul mengatakan...

Saya setuju dengan semua yg Anda "Kemukakan", namun ada satu (1) hal "Penting" yg "Tidak Boleh" ditinggalkan atau "Harus Dibahas".....Yakni hal "PENYALIBAN" Isa Al Masih atau Yesus Kristus. Karena hal itulah sebagai "Pembeda" antara Nasrani dan Islam, yakni Syariat Muhammad Saw. Kenapa "Penyaliban" Penting ? Karena itulah "Hikmah" diturunkannya Rasulullah Muhammmad Saw setelah Isa Alaihissalam. Sebab kalau kita "Jujur", seharusnya Kaum yg "Bertuhankan" Isa akan "Menyalibkan" Dirinya sebagaimana Isa Al Masih Disalib !!! Dan hal tsb hanya dilakukan oleh "12 Murid Yesus" atau "Pengikut setia Al Masih atau Hawwariyyin" kan ? Padahal "Itulah Jalan Yg Lurus".....Pertanyaannya kenapa umat Nasrani atau umat yg "Bertuhankan Yesus" tidak melakukan hal tsb ? Itulah yg disebut dalam Quran sbg "Kezaliman" ! Mungkin Anda sudah mengetahui alasannya ? Ya....Karena doktrin Trinitas itu...
Inti dari ajaran Isa Al Masih bagi umat yg "Beriman" adalah "Penyaliban" tsb, "Kebangkitan" kembali adalah sebagai Tanda bagi "Kaum yg Tidak Percaya" !!!
Anda mungkin sudah membaca "Injil" ? Siapa sebenarnya yg "Menyerahkan" Yesus ? Di Injil secara tersurat Yudas Iskariot, namun secara tersirat yg "Menyerahkan Yesus" adalah Yesus itu sendiri.....(Akulah Dia !) Ya Yesus sbg "100% Manusia" diserahkan oleh Yesus sbg "100% Tuhan" yg berada dalam "Manusia Yudas Iskariot" !!! Semenjak itulah "Anak Manusia" diserahkan ke "Tangan Manusia". Dialah yg Anda sebut "Tuhan itu menaruh RohNya dalam batin kita, menjadi penuntun dan pembimbing illahi, sebagai Roh Penuntun illahi." Dan kalau Anda "Teliti" membaca Injil akan "Ditemukan" bahwa "Hakikat Penyaliban" adalah "Sholat sesuai Syariat Muhammad Saw"!!!

Namun demikian memang "Benar" umat Islam (umat yg bersyariat Muhammad) yg "Tidak" Mengenal Isa atau Yesus.....Tidak akan pernah "Mengenal" Muhammad Rasulullah.....Merekalah yg disebut "Buta Huruf" atau "Ummy". Lha...padahal Nabi Muhammad kan Nabi yg Ummy (Nabbiyil Ummiyil)? Benar....Namun Beliau "Ada" Malaikat Jibril yg "Menuntun"....Nah kalau umatnya ? Siapa yg "Menuntun" ? Ya...Dialah Isa atau Yesus itu....
Dan karena itu akan muncul "Ad Dajjal" !!! Karena "Bukan" Isa sbg Al Masih namun "Ad Dajjal Al Masih" !!!


Berikut Petikan Injil Matius:
24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. 24:25 Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. 24:26 Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. 24:27 Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia. 24:28 Di mana ada bangkai, di situ burung nazar berkerumun."

Hadis riwayat Abu Hurairah ra. dia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya perumpamaanku dan umatku adalah seperti seorang yang menyalakan api yang mengakibatkan binatang-binatang melata dan nyamuk terperangkap ke dalam api tersebut. Aku sudah berusaha memegang ikat pinggang kalian namun kalian malah menceburkan diri ke dalamnya. (Shahih Muslim No.4234)

Salam Sejahtera

adri hastanto mengatakan...

MENGENAI ISA AL MASIH LEBIH JELASNYA BISA DIBACA DI BUKU " INSAN KAMIL " Abd al-Karim ibn Ibrahim al-Jil

Simon Says mengatakan...

Yesus memang harus mati di kayu salib untuk menebus umat manusia (human being) dari dosa (dosa=hutang!!!) yg di lakukan adam. Scr spesifik yg di maksud dosa disini bukanlah dosa perbuatan kita sehari2, tapi akibat yg timbul karena pelanggaran Adam (original sin).

Pelanggaran Adam telah membawa manusia masuk dlm kuasa iblis (kejatuhan manusia), roh manusia di katakan telah mati (actually cuma redup, Mat 12:20).

Saya percaya bahwa Yesus (as a man) adalah adam yg menebus apa di lakukannya di taman eden. Adam adalah "template" untuk manusia, jika tempalte itu corrupt, maka corrupt juga seluruh turunannya.

Jadi cerita sejak yesus lahir hingga kebangkitannya memang sudah di skenariokan oleh allah yg sejati sebagai rencana penyelamatan/pembebasan umat manusia dari si penguasa dunia..

Anonim mengatakan...

Buat penulis atau siapa pun pembenci islam yang masuk kesini!!!!saya mau bertanya,,dan saya mohon di jawab,

Siapa yang menciptakan adam??(Isa atau allaah bapa)
Siapa yang menciptakan bumi,langit,alam semesta beserta isis nya??(Isa atau alaah bapa)
Siapa kah yang membuat bunda maria memiliki bayi tanpa hubungan biologis?(Allaah bapa atau isa)
Siapa kah tuhan isa(yang di sembah isa)(allaah bapa atau isa)

Jika benar isa penyelamat manusia!!jadi mahluk selain manusia siapa yang menyelamat kan nya???(Seperti malaikat binatang dan lain lain)

-Jadi siapa kah yang maha kuasa???(Allaah bapa atau isa)

-jadi apa kah itu roh kudus???apa yang di ciptakan nya??

Setelah anda jawab pertanyaan di atas tolong jawab satu lagi!!!
-Apakah itu tuhan???

Glory mengatakan...

dari sekian banyak penjabaran ANDA, saya mau tanya...

SATU aja..
drimana sdr Manunggaling Kawulo memiliki pndapat bahwa yg disalib itu adalah Yudas.. ini suatu tuduhan yang tidak bertanggung jawab, di Alquran sangat jelas tidak tertulis itu adalah yudas iskariot..

salam sejahtera

Anonim mengatakan...

Penjabaran yg hebat,.. sepertinya anda pernah hidup di jaman semua nabi,..
Tapi injil mana yg anda jadikan referensi? Anda katholik atau protestan?
Kalau protestan ada beberapa yg ingin saya tanyakan..
1. Siapa penyebar ajaran protestan? Apa dy termasuk dalam nama2 utusan Allah yang maha kuasa?
2. Tidak semua injil berkata bapa allah, coba cek injil barnabas!
3. Siapa yang memperbarui injil tiap beberapa waktu? Apakah dy pencipta alam semesta, atau sekelompok orang yg mampu menciptakan surga?
4. Ini 1 firman tuhan d al quran, " al quran adalah kitab yang terjaga" artinya tidak ada yg berani merubah atau menambah, mengurangi...
Kalau anda meragukan al quran, anda boleh meneliti semua al quran yg ada di dunia, mulai yg lama sampai 2014 ini? Apa ada yg berubah? (Cek tulisan arabnya saja, kalau terjemahan masih ditambah kurang)
Saya berharap ada jawaban yang memuaskan dari penulis, karena saya nilai anda adalah peneliti yg cerdas kalau menurut saya...
Semoga bermanfaat...
Amin
3.

Anonim mengatakan...

pertanyaan salah adaah berasal dari pemahaman salah ... kashian sekali semoga ketemu jalan benar dan hidup kaau tidak ketemu pasti jalan kalian ke neraka .... pikiran perasaan kehendak pertanyaan jawaban harus benar ... tanya sama TUHAN langsung .... karena semua manusia itu bodoh tidak berakal .... setelah jatuh dalam dosa ... mari nikmati hidup ... kalau kalian menganggap Isa Al Masih itu bukan TUHAN ya siahkan nikmati , kalau nasrani mengakui Isa Al Masih itu TUHAN menurut ALKITAB , haram bagi muslim menggugat karena quran itu induknya adalah ALKITAB ... ngerti arti Induk ??? yang mengandung dan melahirkan semua kehidupan . terpujuiah TUHAN YESUS KRISTUS ALLAIHI SALAM TUHAN dan JURU SELAMATKU selama lamanya

Mahrifat mengatakan...

Bukan Agama yang menyelamatkanmu tapi iman yang hidup(ada perbuatan/buah dari iman)akan Allah.pertanyaan untuk kita semua yang belum tahu jawaban yang hakiki.siapakah Allah?bagaimana bentuknya Allah?sudahkah kita bertemu dengan Allah?mau berbentuk apakah Allah jika kita punya pilihan untuk berkehendak bertemu?(tentunya KehendakNYA bukan Kehendak kita).

benpenius purba mengatakan...

YESUS datang dari sorga bawa kabar tentang sorga kemudian mati,bangkit dan kembali kesorga

Mohamad datang dari arab bawa kabar tentang sorga kemudian mati dan minta di doakan supaya masuk sorga..

Mau percaya yg mana ?
Yg dari arab atau yg dari sorga ?

benpenius purba mengatakan...

YESUS datang dari sorga bawa kabar tentang sorga kemudian mati,bangkit dan kembali kesorga

Mohamad datang dari arab bawa kabar tentang sorga kemudian mati dan minta di doakan supaya masuk sorga..

Mau percaya yg mana ?
Yg dari arab atau yg dari sorga ?